Lamborghini Urus Review

Lamborghini Urus

Dinamai dengan nama jenis ternak liar besar kuno, Lamborghini Urus adalah persembahan modern terbesar dari merek tersebut. Menariknya, ini juga merupakan model yang paling terjangkau di seluruh jajaran mereka, dimana istilah “terjangkau” di sini sepenuhnya relatif dan terbatas pada konteks SUV sporty berkinerja tinggi. Lamborghini seri ini bersaing dengan kompetitornya untuk berebut posisi teratas dalam hirarki kinerja SUV.

Lamborghini Urus
Lamborghini Urus. Photo of Motor1

Spesifikasi Lamborghini Urus

Di bawah kap Urus terdapat mesin V8 twin-turbo 4.0-liter yang menghasilkan torsi 650hp dan 850Nm. Tenaga ini kemudian dialihkan melalui transmisi otomatis 8-speed dan dikirim ke keempat roda, dibantu oleh diferensial slip terbatas dan distribusi torsi dinamis. SUV Lamborghini 2,2 ton ini dapat mencapai nol hingga 100 km / jam dalam waktu lebih dari 3,5 detik, sementara kecepatan maksimumnya adalah 305 km / jam yang cukup mengejutkan.

Interior Lamborghini Urus

Lamborghini Urus mungkin telah dirancang agar terlihat sangat luar biasa dan sporty, karena seperti itulah kenyataan yang terlihat pada desain interiornya. Urus menghadirkan empat kursi yang dapat dikatakan sedikit terbatas pada bagian belakang, sementara bagian depan memiliki ruang yang cukup luas seperti pada Lamborghini Huracan.

Namun, perlu diingat bahwa Urus bukan SUV yang Anda beli karena Anda menginginkan kelapangan interior. Selain itu, Lamborghini telah memastikan bahwa interior ini terasa istimewa dan unik, yang dilakukannya untuk sebagian besar desain, tata letak, bahan trim, switchgear dan kursi dimana semua terasa sangat fantastis dan memberikan kesan premium nan mahal bagi para pengendaranya.

Sedangkan untuk fitur, Urus memberikan kontrol jelajah adaptif, lampu LED otomatis & adaptif, wiper otomatis, pelapis kulit penuh, tiga tampilan digital-penuh & resolusi tinggi, bak belakang bertenaga, kontrol suhu dua zona, kursi yang dioperasikan dengan tenaga dan dikendalikan oleh suhu, pemindah stir, sistem hiburan sentuh dengan navigasi bawaan, sistem audio premium, pemilih penggerak yang dapat disesuaikan.

Exterior Lamborghini Urus

Diusung sebagai “Kendaraan Utilitas Super Sport pertama di dunia”, desain eksterior Lamborghini Urus tampaknya benar-benar menghidupi pernyataan tersebut. Dalam gaya Lamborghini yang khas, Urus terlihat benar-benar unik dengan garis bodi yang agresif, garis-garis yang tajam, flamboyan dan fasad depan & belakang yang uber-sporty. Urus tampaknya benar-benar dirancang untuk mengesankan pengemudinya.

Ujung depan yang tampak garang memiliki desain panjang dan clean untuk kap, lampu depan LED yang ramah dengan unit DRL berbentuk Y yang unik, bagian bumper besar yang penuh dengan lubang masuk ventilasi udara, dan ekstensi grille yang halus.

Lengkungan roda yang menonjol namun terlihat menarik tidak membentuk bujur sangkar atau pun lengkungan seperti pada Lamborghini Aventador, dimana pada Urus bagian ini menaungi velg alloy 21-inci milik Urus. Lalu ada rem karbon-keramik, atap yang tajam dan pilar belakang, jendela belakang kecil, model seperti insang yang dipasang di fender depan, dan bemper belakang yang menyala.

Bagian belakang Urus menampilkan jendela belakang yang miring dan hampir “tidak berguna”, bak belakang yang sangat terpahat mewah, lampu ekor LED berbentuk Y, dan bumper tebal dengan ventilasi terintegrasi, pengaturan diffuser udara yang kompleks, dan quad-knalpot yang canggih.

Duduk di atas arsitektur MLB canggih Grup Volkswagen, Lamborghini Urus hadir dengan panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 5,112 X 2,016 X 1,638 mm. Sementara itu, SUV Lambo ini menawarkan jarak sumbu roda 3,003 meter, dan kapasitas bagasinya dengan mudah melebihi 570 liter.

Harga Lamborghini Urus

Lamborghini belum mengumumkan harga untuk Urus, tetapi kita dapat mengasumsikan bahwa harganya sekitar Rp. 8.000.000.000, -. Hal ini membuat Urus memiliki harga yang sangat dekat dengan saudaranya, Bentley Bentayga. Bentayga juga memiliki kinerja yang sangat mengesankan berkat W12 6.0-liter twin-turbo, dimana mobil ini juga memegang rekor untuk SUV tercepat di dunia.

Meskipun Bentayga adalah mobil yang mengesankan, fokus utamanya adalah kemewahan yang tinggi, bukan kinerja habis-habisan. Bentayga mungkin akhirnya menjadi sedikit lebih mahal daripada Urus, tetapi jelas bahwa Lamborghini ingin SUV-nya menjadi yang terbaik di dunia, yang mengapa itu juga akan menjadi salah satu alasan mengapa Lamborghini Urus akan lebih unggul.

Bagi anda yang sedang berada di kota Yogyakarta dan membutuhkan kendaraan untuk berkeliling di kota budaya ini, anda mendapatkan kendaraan terbaik di berbagai rental mobil Jogja dengan harga yang terbaik.