Daihatsu Terios Review

Daihatsu Terios

Tak mau kalah di kelas low SUV, Daihatsu merilis seri Terios yang mampu bersaing secara ketat dengan kompetitornya. Daihatsu Terios tampil sebagai SUV dengan harga yang cukup terjangkau namun desainnya tetap gagah dan fitur yang ada di kelas premmium. Dari sisi spesifikasi, mobil ini patut diacungi jempol karena performanya yang tangguh untuk semi off-road.

Daihatsu Terios
Daihatsu Terios. Photo of Carmudi

Spesifikasi Daihatsu Terios

Mesn Terios meenggunakan jenis dual VVT-i dengan 4 silinder yang kapasitasnya 1500 cc. Tenaga yang dikeluarkan mobil ini adalah 114 Ps dengan nilai torsi maksimumnya 14.3 Kgm. Daihatsu merilis dua jenis Terios berdasarkan transmisinya yakni manual dan otomatis. Transmisi otomatis terdiri dari 4 level kecepatan, sementara manual terdiri dari 5 level kecepatan.

Dimesni mobil ini cukup besar yakni dengan panjang 4435 mm, lebar 1695 mm, tinggi 1705 mm, dan groud clearance setinggi 220 mm. Mobil ini menggunakan bahan bakar bensin yang disuplai oleh EFI. Konsumsi bahan bakar Terios cukup irit di kelas low SUV. Untuk perjalanan dalam kota, mobil hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk jarak tempuh sejauh 14.5 kilometer.

Fitur keselamatan yang ada di Terios di antaranya adalah airbag, child safety locks, sistem rem ABS dan EBD, kamera belakang, sensor parkir dan pelindung dari benturan. Sementara fitur keamanan yang ada di mobil ini di antaranya central locking, immobilizer, perangkat anti maling dan alarm.

Interior Daihatsu Terios

Bagian dalam mobil memiliki warna dominan hitam dan ivory. Bagian pintunya teerbuat dari plastik keras yang sama dengan dashboard. Sebagian trimnya terlapis kain dengan jahitan plasu. Stir mobil terdiri dari 3 palang plastik dan polos, belum ada audio steering switch. Namun bagian beelakang kemudi sudah ada MID yang canggih dan pengaturannya berada di dekat speedometer.

Bagian head unit mobbil ini jauh lebih canggih dari Daihatsu Sirion. Monitornya sudha menggunakan Kenwood dengan ukuran 7 inch. Fitur yang didukung di bagian head unit adalah mirroring, DVD player, radio, bluetooth, dan BT audio. AC mobil terdiri dari dua kisi yang berada di atas monitor. Pengaturannya ada di head unit bawah yang terdiri dari tombol-tombol dan belum auto-climate.

Terios terdiri dari 3 baris kursi dan mampu membawa hingga 7 orang penumpang. Masing-masing kursi dilengkapi dengan headrest yang bisa diatur ketinggiannya, namun seatbelt bersifat fix. Warna kursi adalah hitam dengan bahan pelapis berupa kain. Untuk mendapatkan kapasitas kargo yang lebih lega, pengguna bisa melipat kursi baris ketiga dengan jenis pelipatan ke depan.

Exterior Daihatsu Terios

Jenis lampu bagian depan yang digunakan mobil ini jelas berbeda dari kelas LCGC seperti Daihatsu Ayla. Terios menggunakan jenis LED proyektor dengan desain lamu utama berupa persegi panjang dan menyipit. Di tipe X Deluxe, sayangnya tidak ada lampu kabut sehingga cover bawahnya dibiarkan kosong. Sementara i tipe R deluxe, lampu kabutnya menggunakan halogen.

Bagian depan mobil ini sangat maskulin karena memiliki ukuran grille yang sangat besar. Tipe X menggunakan grille dengan warna hitam glossy, sementara tipe R menggunakan grille dengan krom. Di bagian tengah grille ada logo Daihatsu. Bagian bawah grille adalah bumper yang juga berwarna hitam. Uniknya, kap depan Terios memiliki lekukan sehingga terkesan tiga dimensi.

Bagian samping mobil adalah ban dengan profil 215/65 R16, masih sama dengan Terios edisi sebelumnya. Keunggulan lainnya adalah jenis bannya sudah GT Radial Savero yang banyak digunakan oleh mobil SUV kelas premium. Spion dan handle pintu bagian luar menggunakan cat yang sewarna dengan badan mobil. Di bagian spion sudah ditambahkan sein di bagian bawahnya.

Desain bagian belakang mobil lebih baik dari Daihatsu Sigra. Bagian stop lampnya sudah menggunakan LED bar dan berbentuk persegi. Di bagian atas sudah ada rear spoiler, namun tidak ada high mount stop lamp. Terios tebaru sudah memiliki kamera parkir. Dan sensor parkir sebanyak 2 titik. Emblem Terios ada di sisi kanan dan embel VVT-i ada di sebelah kiri pintu bagasi.

Harga Daihatsu Terios

Variasi harga Daihatsu Terios cukup beragam. Tipe X M/T dijual dengan harga Rp 202 juta, X M/T Deluxe seharga Rp 212 juta, dan X A/T Deluxe berada di harga 222 juta. Sementara seri R A/T berada pada harga Rp 245 juta, R A/T Deluxe Rp 233 juta, R M/T seharga Rp 235 juta dan R M/T Deluxe seharga Rp 245 juta.

Jika anda saat ini sedang berada di kota Yogyakarta dan sedang mencari kendaraan bus, anda bisa mendapatkan armada yang terbaik dengan harga sewa yang ramah di rental sewa bus Jogja.